Just another WordPress.com weblog

Presiden melakukan reshuffle dipertengahan tahun 2007 yang tepatnya pada bulan 7 mei 2007 hal ini dilatarbelakangi beberapa hal seperti: meningkatnya jumlah pengangguran penuh dan pengangguran setengah belum lagi tingkat pertumbuhan yang rendah hanya sebesar 5.6% belum lagi tingkat bunga SBI yang melonjak tinggi menjadi 9.75% yang mengakibatkan kredit menjadi menurun sehingga pertumbuhan ekonomi juga sedikit tertahan. Melalui Reshuffle kabinet ini pemerintah berharap indikator-indikator ekonomi yang mengalami penurunan dapat kembali menguat dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Penting dan strategisnya keputusan reshuffle kabinet tersebut terkait dengan perancangan dan penetapan berbagai kebijakan baru di sektor riil dan moneter, seperti perpajakan, tingkat bunga, serta investasi.

Salah satu lembaga yang memegang peranan cukup penting dalam kegiatan perkonomian secara makro adalah pasar modal. Pasar modal adalah pasar ke 2 terbesar yang menjadi motor penggerak perkonomian kita. Aktivitas dan fungsi dari pasar modal adalah untuk memberikan dana berupa pinjaman baik dalam bentuk saham atau obligasi yang diperjualbelikan dalam pasar modal. perputaran perdagangan di BEJ didominasi oleh saham sebesar 73%, dan kemudian diikuti oleh obligasi sebesar 27%. Selain itu, di dalam pasar sekunder tersebut terdapat beberapa macam indeks harga saham seperti IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), Indeks sektoral, Indeks LQ45, Indeks Islam / syariah, dan Indeks Harga Saham Individual. Pasar modal yang efisien adalah pasar yang mempunyai pengaruh yang kecil terhadap informasi-informasi baru yang terjadi baik dalam social,politik maupun ekonomi.

Didalam pasar modal dikenal adanya saham LQ45 yaitu saham dari 45 perusahaan yang sahamnya paling sering diperjualbelikan di pasar modal. Sedangkan abnormal return adalah return atau pengembalian yang tidak seharusya bisa lebih tinggi bisa lebih rendah dari harga beli pertama kali. Penggunaan metode abnormal return saham dilakukan dengan pertimbangan bahwa suatu pasar dikatakan tidak efisien jika satu atau beberapa pelaku pasar dapat menikmati return yang tidak normal (abnormal return) dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga pasar dapat dikatakan efisien secara informasi atau tidak tergantung dari abnormal return yang dihasilkan.

Dalam sejarah Indonesia kadangkala ada waktunya dimana keadaan politik dapat mempengaruhi tetapi sangat jarang hanya situasi tertentu saja dan yang menyangkut kebijakan’’ ekonomi secara langsung seperti pemilu. Tetapi pada jurnal ini perubahan cabinet tidak berdampak significant pada saham LQ45. Dan abnormal return pada jangka waktu penelitian juga tidak terlalu berubah. Jadi bisa disimpulkan perombakan cabinet yang dilakukan oleh presiden tidak berpengaruh kepada harga saham LQ45 dan abnormal return.

Comments on: "Hubungan antara reshuffle cabinet, saham lq45, dan abnormal return terhadap pergerakan harga saham LQ45 di Indonesia" (1)

  1. kira2 siapa lagi ya yg harus di rombak.. negara2 gini2 trus ni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: